Nilai-nilai moderasi Islam di Pesantren: studi kasus pada Ma?had Aly As?adiyah Sengkang Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan
Main Author: | Saddam Husain |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Radikalisme agama telah masuk dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam ranah pendidikan. Untuk itulah pesantren sebagai pusat pendidikan Islam harus mengambil peran dalam upaya pengarusutamaan ide-ide dan sikap moderat dalam beragama yang sesuai dengan nilai luhur Islam yang rahmatan li al-alami>n. Tulisan ini mengeksplorasi penerapan Nilai-nilai moderasi Islam di Ma?had Aly As?adiyah Sengkang. Penelitian tesis ini berbentuk field research atau penelitian lapangan yang masuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Peneliti hadir langsung ke lokasi penelitian, hidup bersama para maha santri untuk mengamati kehidupan di pesantren. Dalam tesis ini ditemukan bahwa Nilai-nilai moderasi Islam di Ma?had Aly As?adiyah yaitu; 1) Tawassut} yaitu pemahaman dan pengamalan yang tidak berlebihan (ifrat) dalam beragama 2) Tawa>zun yaitu pengamalan agamanya dilaksanakan secara seimbang dalam berbagai aspek kehidupan; 3) I?tidal (adil) yaitu menunaikan sesuatu pada sesuai haknya, memperoleh hak dan melaksanakan kewajiban; 4) Tasa>muh (Toleransi), yaitu sikap menghargai perberbedaan baik itu secara ideologis maupun sosial kultur; 5) Al-Musa>wa>h artinya tidak bersikap diskriminatif pada yang lain disebabkan perbedaan tradisi, suku, ras dan gender; 6) Syura (musyawarah) yaitu aktivitas yang dilaksanakan untuk menyelesaikan segala macam persoalan dengan jalan duduk bersama; 7) Is}lah} (reformasi) yaitu bersikap reformatif untuk memperoleh keadaan yang lebih baik dengan cara mengakomodasi suatu kondisi perubahan dan perkembangan zaman; 8) Aulawiyah (mendahulukan yang prioritas) yaitu memperioritaskan persoalan yang lebih penting dari beberapa hal yang penting lainnya; 9)Tatawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif) yaitu sikap terbuka terhadap perkembangan zaman serta melakukan hal-hal baru untuk kemaslahatan dan kemajuan manusia. 10) Tahaddur (berkeadaban), yaitu sikap yang mengedepankan akhlak al-kari>mah, karakter, identitas, dan integritas; 11) wat}niyah wa muwat}anah yaitu penerimaan NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara. 12)Qudwatiyah (keteladanan atau kepeloporan) yaitu melakukan kepeloporan dalam prakarsa-prakarsa kebaikan demi kemaslahatan hidup manusia Penanaman nilai-nilai moderasi Islam di Ma?had Aly As?adiyah dilakukan beberapa metode, yaitu madrasy/kelas formal, metode halaqah atau mappesantren, hidden curriculum. Tulisan ini juga menunjukkan peran Ma?had Aly As?adiyah dalam membangun dan mengembangkan moderasi di Sulawesi Selatan sebagai pendakwah dan cendekiawan muda muslim Bugis, lulusan pesantren Ma?had Aly As?adiyah yang telah tersebar di berbagai daerah. Dakwah ma?had Aly As?adiyah mudah diterima oleh masyarakat karena penyebaran doktrin agama As?adiyah yang diwarnai dengan Ahlu al-sunnah wa al-jama?ah baik dalam iman, fikih, tasawuf atau metode dakwah dengan prinsip-prinsip moderat.