كفاءة مدرس اللغة العربية في خدمة التلاميذ ذوي الاحتياجا الخاصة في مدرسة باليتا بنجسا الدامجة الابتدائية الإسلامية تانجيرانج الجنوبي&#1577

Main Author: Zuashfiyailina
Format: Masters
Terbitan: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Isi:
  • Judul penelitian: Kompetensi guru bahasa Arab dalam melayani siswa berkebutuhan khusus di SD ‌ Inklusif Islam Pelita Bangsa Tangerang Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam melayani siswa dengan kebutuhan khusus di sekolah inklusif dan untuk mengetahui tentang upaya yang dilakukan guru bahasa Arab ketika menghadapi siswa berkebutuhan khusus. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif analitis dan pendekatan evaluasi . Peneliti menyimpulkan setelah melakukan penelitian dan analisis yang cermat bahwa kompetensi pedagogik tiga guru bahasa Arab di sekolah ini berada pada level "sangat baik" dan upaya yang dilakukan oleh sekolah ‌ dan para guru bahasa Arab untuk mengembangkan kompetensi pedagogiknya dalam melayani siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi adalah; mengikuti berbagai program pendukung, kerjasama dengan dokter, dan menyediakan fasilitas khusus. Hasil penelitian ini sekaligus membuktikan bahwa siswa berkebutuhan khusus dapat berpartisipasi dalam belajar bahasa Arab selama guru-guru bahasa Arab memiliki kompetensi pedagogik yang baik