Analisis kesiapan dan penerimaan siswa dalam penerapan Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) pada SMAN 90 Jakarta

Main Author: Faninda Nurul Fatia
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Teknologi merupakan hal yang penting bagi semua jenis organisasi untuk memenuhi kebutuhan informasi yang bisa didapatkan dari sebuah sistem. Keberhasilan penerapan sebuah sistem tentu dipengaruhi oleh kesiapan dan penerimaan pengguna. Pada tahun 2016, SMAN 90 Jakarta menerapkan Sistem Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK). Setelah penerapan sistem tersebut terlihat data yang menunjukkan adanya penurunan nilai siswa. Penurunan nilai tersebut menghambat SMAN 90 Jakarta untuk mencapai visinya yaitu ?Menuju sekolah berwawasan unggul, baik di bidang IMTAQ, IPTEK dan WIYATA MANDALA?. Maka dilakukan penelitian analisis kesiapan dan penerimaan siswa terhadap sistem USBK. Dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan dan penerimaan siswa terhadap sistem aplikasi USBK di SMAN 90 Jakarta. Pengukuran ini menggunakan model penggabungan antara Technology Readiness Index (TRI) dan Technology Acceptance Model (TAM). Populasi penelitian ini adalah pengguna sistem USBK dengan pengambilan sampel menggunakan proposive sampling dan analisis data menggunakan tools SmartPLS 3.0 dengan pendekatan PLS-SEM. Hasilnya, terdapat delapan hipotesis yang diterima dengan variabel yang paling berpengaruh adalah Perceived Ease of Use (PEOU) dengan Intention To Use (ITU). Penurunan nilai yang disebabkan user mengalami kesulitan dalam menggunakan sistem karena user belum memiliki pengetahuan yang cukup terhadap sistem. Maka diharapkan sekolah memberikan simulasi USBK sebelum pelaksanaan ujian yang sebenarnya.