Analisis sentimen terhadap elektabilitas Prabowo sebagai calon presiden 2019 berdasarkan opini warganet twitter menggunakan metode naïve bayes classifier

Main Author: Taufikur Rahman
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • engguna Twitter di seluruh dunia mencapai 328 juta (2017). Indonesia merupakan salah satu pengguna terbesar dari Lima besar. Hal ini dapat dilihat dari data yang dirilis Twitter Indonesia pada tahun 2016, bahwa 77 persen pengguna Twitter di Indonesia merupakan pengguna aktif, Sehingga Media sosial ini dapat dimanfaatkan untuk melihat berbagai sentimen salah satunya adalah mengenai opini seseorang terhadap elektabilitas tokoh politik yang akan maju pada Calon Presiden 2019. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui persentase elektabilitas Prabowo sebagai Calon Presiden untuk dijadikan bahan pertimbangan apakah akan maju atau tidak pada pemilihan presiden 2019. Proses pencarian sentimen terhadap elektabilitas Prabowo dapat dilakukan dengan membagi data Twitter menjadi sentimen positif dan negatif menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier. Data yang di ambil berdasarkan periode pengambilan data yaitu data 2018 dan data 2019. Penelitian ini menghasilkan akurasi tertinggi pada periode tahun 2018 dengan data latih 425 tweet dan data uji 100 tweet sebesar 81% dan sentimen terhadap elektabilitas Prabowo sebesar 52%