Pengaruh hypermedia terhadap miskonsepsi siswa pada konsep listrik dinamis

Main Author: Desma Yushintari
Format: Bachelors
Terbitan: FITK UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hypermedia terhadap miskonsepsi siswa pada konsep listrik dinamis. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Islamiyah Ciputat pada bulan Maret 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Pada penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes berupa three tier test yang terdiri dari 20 butir soal dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji prasyarat, kedua kelas memiliki sebaran data berdistribusi tidak normal dan varians data homogen. Oleh karena itu, uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik. Uji statistik nonparametrik yang digunakan adalah uji Mann-Whitney terhadap data posttest dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) (0,009) < nilai taraf signifikansi (0,05), sehingga &#119867;0 ditolak dan &#119867;1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hypermedia terhadap miskonsepsi siswa pada konsep listrik dinamis. Selain itu, persentase miskonsepsi siswa pada kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol pada jenjang kognitif C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Hasil penurunan kuantitas miskonsepsi menunjukkan kelas eksperimen mengalami penurunan miskonsepsi lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sementara, hasil angket respon siswa terhadap penggunaan hypermedia dalam proses pembelajaran fisika pada konsep listrik dinamis berada dalam kategori baik dengan persentase 75,3%. Kata kunci: Hypermedia, Miskonsepsi, Listrik Dinamis