Pengembangan Alat Praktikum Torricelli Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siswa Pada Konsep Penerapan Asas Bernoulli
Main Author: | Achda Fitriah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
FITK UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan alat praktikum Torricelli dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menganalisis siswa dan kebutuhan alat praktikum di sekolah yang mampu meningkatkan kemampuan menganalisis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum Torricelli pada konsep penerapan asas Bernoulli prinsip Torricelli yang layak, efektif, dan praktis digunakan. Pengembangan alat praktikum terletak pada ukuran alat yang dibuat lebih praktis, menambahkan sensor flowmeter, dan membuat siklus aliran air sehingga dapat melatih kemampuan menganalisis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode dari Jan Van de Akker . penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu penelitian pendahuluan, prototipe, evaluasi sumatif, dan refleksi sistematik dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa kelas X dan XI dari SMAN 3 Tangerang Selatan dan siswa kelas X SMAN 6 Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif menganalisis (C4) pilihan ganda yang telah divalidasi dan non-tes berupa wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat praktikum Torricelli dinyatakan layak oleh ahli media sebesar 93%, materi 100%, dan rata-rata penilaian siswa sebesar 80,7% pada evaluasi formatif; efektif meningkatkan kemampuan menganalisis siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 66,6%; dan praktis oleh siswa sebesar 78% dan guru sebesar 98% pada evaluasi sumatif