Perbandingan pengetahuan metakognitif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan inkuiri bebas (free inquiry) pada konsep jamur (fungi)

Main Author: Endah Dwi Astuti
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengetahuan metakognitif antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan model pembelajaran inkuiri bebas (free inquiry) pada konsep fungi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 32 Jakarta tahun ajaran 2016/2017 dengan metode kuasi eksperimen yang menerapkan desain two group pretest-postest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas Kelas X MIPA 2 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri bebas) dan kelas X MIPA 3 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing). Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 7 soal yang terdiri dari komponen pengetahuan metakognitif yaitu pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional, lembar observasi guru dan peserta didik, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil perhitungan uji statistik menggunakan uji-t didapatkan hasil thitung sebesar 4.90 pada taraf signifikansi 5% (α = 0.05) dengan derajat kebebasan (df=70) didapatkan ttabel sebesar 2.00. maka thitung > ttabel (4.90 > 2.00) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan metakognitif yang signifikansi dari penerapan model pembelajaran inkuiri bebas dan inkuiri terbimbing.