Strategi Coping Santri Putri dalam Bimbingan Menghafal Al- Qur?an di Pondok Pesantren Nahdlatut Thalibin Tayu Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah

Main Author: Muhammad Najmul Umam
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Muhammad Najmul Umam. NIM 1110052000032, Strategi Coping Santri Putri dalam Bimbingan Menghafal Al-Qur?an di Pondok Pesantren Nahdaltut Thalibin Tayu Kabupaten Pati, Dibawah Bimbingan Dra. Nasichah, MA. Menghafal merupakan suatu kegiatan yang mengikut sertakan aktivitas ingatan di dalamnya. Proses yang dijalani oleh seseorang untuk menjadi penghafal Al-Qur?an tidaklah mudah dan sangat panjang. Dikatakan tidak mudah karena harus menghafalkan isi Al-Qur?an dengan kuantitas yang sangat besar. Menghafal membutuhkan kedisiplinan tinggi mau tidak mau menuntut remaja penghafal Al- Qur?an untuk mampu melakukan managemen waktu. Oleh karena itu, penelitian ini ingin memperoleh gambaran mengenai dinamika santri dalam menghadapi tekanan psikologi yang dihadapi oleh penghafal Al-Qur?an remaja. Menghafal Al-Qur?an bukan pula semata-mata menghafal dengan mengandalkan kekuatan memori, akan tetapi termasuk serangkaian proses yang harus dijalani oleh penghafal Al-Qur?an setelah mampu menguasai hafalan secara kuantitas. Penghafal Al-Qur?an berkewajiban untuk menjaga hafalannya, memahami apa yang dipelajarinya dan bertanggung jawab untuk mengamalkannya. Oleh karena itu, proses menghafal dikatakan sebagai proses yang panjang karena tanggung jawab yang diemban oleh penghafal Al-Qur?an akan melekat pada dirinya hingga akhir hayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang strategi coping santri dalam menghadapi tekanan psikologi santri mulai dari tekanan lingkungan, target hafalan serta benyaknya kegiatan yang harus dijalani oleh para santri penghafal Al-Qur?an