PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III MI UNWANUL KHAIRIYYAH KOTA DEPOK

Main Author: Munawaroh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MI Unwanul Khairiyyah Kecamatan Beji Kota Depok Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Datar. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menerapkan disain tindakan pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah: Tes Hasil Belajar, Lembar Observasi, dan Wawancara. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada Siklus I aktivitas siswa 59,86% meningkat menjadi 80,71% pada siklus II dan hasil belajar siswa rata-rata siklus sebesar 59,41 pada siklus I dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,35 dengan tingkat ketuntasan sebesar 88%.