Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Pada Konsep Jamur
Main Author: | Sri Endah Sariningsih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada Konsep Jamur?. Skripsi Program Studi Pendidkan Biologi, Jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran modified free inquiry terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada konsep jamur. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Jumlah sampel terdiri dari 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran modified free inquiry dan 39 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan pendekatan scientific. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data menggunakan uji-t, dengan taraf signifikansi 5%. Data menunjukkan bahwa thitung< ttabel yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran modified free inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur.