Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpendekatan SETS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia
Main Author: | R. Melisa Nelvita Sari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Hasil studi literatur pada pembelajaran kimia menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang melatih keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berpendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian dilaksanakan di SMAN 47 Jakarta dengan sampel berjumlah masing-masing 36 orang siswa pada kelas kontrol maupun eksperimen. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen utama yaitu tes esai sebanyak 12 butir soal yang mewakili 11 indikator keterampilan berpikir kritis. Jawaban siswa dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22 melalui uji Independent Sample T-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai p-value Sig (2-tailed) kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05, sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berpendekatan SETS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Indikator keterampilan berpikir kritis tertinggi di kelas eksperimen adalah membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi, sedangkan indikator terendah adalah mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi.