Pengaruh Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan
Main Author: | Neny Nurainy |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (2) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja. Penelitian ini melibatkan 77 guru dari tiga Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan sampel diambil dengan teknik dalam penelitian ini adalah sampling accidental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket sebagai instrument utama. Pengecekan kevalidan dan kekredibelan data dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas yang dilanjutkan yang dilanjutkan analisis deskriptif. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji regresi linear sederhana dan diuji determinasi. Untuk perhitungan peneliti menggunakan SPSS 22.0 Hasil penelitian ini membuktikan terdapat: (1) Ada pengaruh dari variabel kepemimpinan transformasional idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration terhadap pengaruh kepuasan kerja guru. Perhitungan pada uji t didapat nilai t hitung lebih besar dari t tabel, hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap pengaruh kepuasan kerja guru. (2) Ada pengaruh kepemimpinan transformasional idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration terhadap pengaruh kinerja guru. Perhitungan pada uji t didapat nilai t hitung lebih besar dari t tabel, hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru. Saran untuk penelitian selanjutnya agar meneliti variabel-variabel lain yang diduga mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja guru, seperti budaya organisasi sekolah, komitmen kerja, motivasi kerja dan sebagainya