Hubungan persepsi siswa terhadap kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa di sdn srengseng sawah 07 pagi jakarta
Main Author: | Dwi Asia Ningsih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa di SDN Srengseng Sawah 07 Pagi Jakarta. penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan ditunjang oleh referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam skripsi ini. Adapun yang menjadi populasi penelitian iniadalah seluruh siswa di SDN Srengseng Sawah 07 Pagi Jakarta. Peneliti mengambil sampel dengan Convenience Sampling berdasarkan bersedianyamenjadi responden untuk dijadikan sampel yaitu siswa kelas V sebanyak 40 siswa di SDN Srengseng Sawah 07 Pagi jakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk pilihan berganda. pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. sedangkan teknik analisis korelasi yang digunakan adalah Product Moment. dalam penelitian inibahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa di kelas V di SDN Srengseng Sawah 07 Pagi Jakrta. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai r hitung sebesar 0.477 dan termasuk kategori cukup atau sedang (nilai r hitung pada rentang 0,40 - 0,70) dengan nilai KD sebesar 22,75% dan t hitung sebesar 4,065. dengan demikian terdapat hubungan yang cukup atau sedang dan signifikan antara persepsis siswa terhadap kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Srengseng sawah 07 Pagi Jakarta dan kepribadia guru dengan motivasi belajar siswa memberikan kontribusi yang cukup dalam mempengaruhidan meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.