Model Evaluasi Kirkpatrick pada Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan
Main Author: | Rina Yusnarita |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model evaluasi Kirkpatrick pada Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah Angkatan I dan II tahun 2019. Penelitian ini bersifat evaluatif dengan melakukan evaluasi penyelenggaraan diklat menggunakan model evaluasi Kirkpatrick dalam empat tahap yaitu, reaksi, belajar, perilaku dan dampak. Data diperoleh dari angket, penilaian dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu secara kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari 60 peserta berasal dari 12 Provinsi di Indonesia. Proses penyelenggaraan Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah terdiri atas: Bimbingan Teknis, On Job Training I (OJT I), In Job Training I (IJT I), On Job Training II (OJT II) ) dan In Job Training II (IJT II). Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penyelenggaraan diklat pada tahap reaksi peserta diklat terhadap penyelenggara dan narasumber memberikan reaksi positif dari kualifikasi ?Memuaskan? sampai dengan ?Sangat Memuaskan?. Demikian halnya pada tahap belajar, peserta lulus dengan rata-rata kualifikasi ?Memuaskan?. Hasil evaluasi pada tahap perilaku peserta berdasarkan persepsi atasan, rekan sejawat dan siswa, dan pada tahap dampak diklat terhadap peserta termasuk dalam kualifikasi ?Sangat Baik?. Berdasarkan perbandingan kriteria keberhasilan dengan kinerja evaluasi Kirkpatrick maka penyelenggaraan Diklat Fungsional Calon Kepala Madrasah Angkatan I dan II tahun 2019 berhasil dengan sangat baik. Model evaluasi Kirkpatrick mampu menggambarkan hasil evaluasi yang mencakup seluruh aspek diklat sehingga layak direkomendasikan sebagai model evaluasi penyelenggaraan diklat pada Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan