Tafsir Tarbawi: Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya bagi Ilmu Pendidikan Islam
Main Author: | Cucu Surahman |
---|---|
Format: | Doctoral |
Terbitan: |
Maghza Pustaka
|
Daftar Isi:
- Dari penelitian ini tergambar bahwa mereka telah berusaha untuk menemukan dan merumuskan ilmu pendidikan Islam dalam al-Qur?an. Walau demikian, sesuai dengan keilmuan, motivasi penyusunan, sumber dan metode yang digunakan oleh para penulis buku Tafsir Tarbawi, produk Tafsir Tarbawi di Indonesia relatif beragam, baik dalam tingkat kedalaman analisa dan validitasnya maupun kontribusi (pendidikan) yang diberikannya. Terkait kontribusinya bagi pendidikan Islam, selain dari kontribusi metodologis, yaitu metodologi tafsir yang ditawarkan terkait pengembangan Tafsir Tarbawi (tafsir pendidikan), buku-buku Tafsir Tarbawi di Indonesia dapat dibagi pada dua kategori, yaitu pertama, Tafsir Tarbawi yang memposisikan al-Qur?an sebagai sumber rujukan nilai sehingga kontribusi yang diberikannya lebih ke arah penggalian dan perumusan nilai-nilai pendidikan Islam dan kedua, Tafsir Tarbawi yang memposisikan al-Qur?an sebagai sumber rujukan pengembangan Ilmu Pendidikan Islam sehingga kontribusi yang diberikannya lebih ke arah penggalian dan perumusan ilmu (aplikasi) pendidikan Islam. Dalam kategori yang kedua ini, Tafsir Tarbawi telah mencoba merumuskan konsep-konsep yang menjadi komponen-komponen pendidikan Islam, mulai dari definisi, tujuan, sampai pada media, lingkungan, dan evaluasi pendidikan Islam.