The development of high school physics learning module on wave subject

Main Author: Zulherman Zulherman
Format: Journal
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika SMA yang dapat memberikan pembelajaran mandiri kepada siswa SMA dalam pembelajaran Fisika, sesuai dengan tuntutan kurikulum. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan penelitian. Hal ini diimplementasikan di Prof.DR.HAMKA FKIP Universitas Muhammadiyah dan uji coba dan implementasi dilakukan di sejumlah sekolah menengah di Jakarta pada tahun 2017. Pengembangan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan kontekstual dilaksanakan dalam beberapa tahap, yang pertama adalah analisis, yang kedua adalah uji kelayakan, dan yang terakhir adalah uji coba lapangan. Instrumen terdiri dari kuesioner analisis kebutuhan, lembar validasi uji kelayakan, dan lembar validasi hasil tes. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh guru fisika senior di beberapa sekolah menengah di Jakarta. Validasi menunjukkan skor interpretasi 73% - 93%. Modul pembelajaran fisika dengan pendekatan kontekstual pada materi gelombang sudah memiliki komponen yang benar, dan layak untuk digunakan sebagai modul pendamping.