Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Pre-Service Mathematics Teachers in Solving Algebra Problem Based on Reflective and Impulsive Cognitive Style

Main Author: Ayu Faradillah
Format: Journal
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis guru pra sekolah dalam menyelesaikan masalah aljabar berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Oleh karena itu, total subjek penelitian ini adalah dua guru pre-service yang memiliki gaya kognitif yang berbeda satu sama lain. Ini berarti bahwa subjek penelitian ini adalah satu guru pre-service yang memiliki gaya kognitif reflektif dan satu guru pre-service yang memiliki gaya kognitif impulsif. Selain itu, kategori metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif di mana peneliti mencoba menggambarkan kemampuan penalaran matematika dari guru pre-service dalam memecahkan masalah matematika sesuai dengan gaya kognitif. Adapun komponen kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini adalah analisis, generalisasi, sintesis, justifikasi dan pemecahan masalah non-rutin. Menurut komponen, ada satu subjek yang bisa menganalisis masalah yang diberikan sementara yang lain tidak bisa. Apalagi semua subjek mengalami kesulitan pada komponen lain.