Integration of learning cycle stage with inquiry labs method in learning physics to improve cognitive ability and science process skills of high school student
Main Author: | Diki Rukmana |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Salah satu tujuan pengembangan kurikulum 2013 adalah perubahan proses pembelajaran (dari siswa yang akan dipelajari menjadi siswa untuk mencari tahu) dengan berfokus pada peningkatan kognitif dan keterampilan. Fakta menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika di SMA masih belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip penerapan kurikulum 2013 sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan masalah-masalah ini, penelitian pra-eksperimen dilakukan dengan menggunakan desain penelitian one-pretest-posttest yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan keterampilan kognitif dan keterampilan proses sains siswa sebagai dampak dari tahapan siklus pembelajaran terintegrasi dengan metode laboratorium penyelidikan di pembelajaran fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa dengan N-gain 0,57 dan 0,69