Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Kelas IX di SMP YAPPA Depok
Main Author: | Tanti Ardianti |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Pusat Penelitian Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial LPPM Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Peningkatan tersebut dapat dilihat berdasarkan skor angket siklus 1 dengan skor siswa 58,33%, persentase kepercayaan 67,87%, persentase keuletan 76,83%, sedangkan pada siklus II pilihan penilaian siswa adalah 85,65%, 80,56% dan persentase keuletan 84,84%, kelengkapan mencapai 80%. Hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP YAPPA Depok.