Analisis kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan di perguruan tinggi vokasi dengan metode servqual dan importance-performace analysis

Main Author: Renanda Nia Rachmadita
Format: Journal
Terbitan: UPT Perpustakaan UGM
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pengantar. Perpustakaan dalam Pendidikan Tinggi Kejuruan diperlukan untuk memberikan layanan terbaik dalam fasilitas, lingkungan belajar berdasarkan karakteristik pendidikan kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan layanan perpustakaan di perguruan tinggi kejuruan. Metode Pengumpulan Data. Kuesioner dibagikan kepada 150 responden termasuk mahasiswa dan dosen berdasarkan lima dimensi Servqual. Analisis data. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi menggunakan metode Importance-Performance Analysis. Hasil dan Diskusi. Secara keseluruhan, analisis jika kesenjangan untuk semua dimensi Servqual negatif. Beberapa layanan perlu ditingkatkan untuk memenuhi harapan pengguna. Dengan menggunakan Importance-Performance Analysis, ditemukan bahwa atribut P10 (Perpustakaan perlu menyediakan katalog online yang memadai) harus diprioritaskan .. Kesimpulan. Diharapkan perpustakaan dapat meningkatkan layanan berdasarkan kebutuhan pengguna.