Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi
Main Author: | Ayouvi Poerna Wardhanie |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
UPT Perpustakaan UGM
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pengantar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis kanvas oleh Perpustakaan Stikom Surabaya dengan menggunakan sembilan elemen. Mereka adalah segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, kegiatan utama, kemitraan kunci, dan struktur biaya. Metode Pengumpulan Data. Penelitian ini menggunakan perspektif deskriptif kualitatif untuk memeriksa informasi faktual dan praktik yang muncul di lapangan. Hasil dan Diskusi. Siswa, staf, dan masyarakat harus dapat memanfaatkan layanan perpustakaan. Nilai yang ditawarkan adalah layanan berbasis teknologi dan kenyamanan pengunjung. Saluran yang disediakan adalah situs web perpustakaan, email, media sosial. Hubungan pelanggan dibangun melalui bantuan pribadi dan layanan mandiri. Sumber daya utama adalah manusia, teknologi, dan fasilitas. Kegiatan utama adalah belajar bersama. Kemitraan kunci adalah mitra internal dan eksternal. Kesimpulan. Perpustakaan berkomitmen untuk mewujudkan visinya sebagai pusat informasi yang unggul dengan menyediakan saluran informasi dan komunikasi yang lengkap dan cepat sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggan.