Validitas dan Respon Siswa terhadap Sistem Pengajaran Berorientasi Sistem yang Diarahkan
Main Author: | Jan Hendriek Nunaki |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Belajar di kelas abad ke-21 mengharapkan guru untuk menerapkan pembelajaran yang mengundang siswa untuk melakukan penyelidikan. Pembelajaran inkuiri terbimbing adalah contoh pembelajaran yang dapat melatih kemampuan investigasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan respon siswa terhadap penggunaan sistem koordinasi inkuiri terbimbing yang dipandu materi. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian dan pengembangan penelitian yang mengadaptasi model 4D. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas XI SMA YPK Oikoumene Manokwari. Tiga ahli dan tiga praktisi digunakan untuk proses validasi dan diskusi kelompok fokus (FGD). Hasil validasi menunjukkan bahwa sistem pengajaran inkuiri terbimbing berorientasi materi valid dan dapat digunakan untuk pengujian di kelas. Respon siswa dalam uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa pembelajaran dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, keterampilan dan minat mereka dalam pengajaran biologi. Respons mereka luar biasa. Dapat disimpulkan bahwa sistem koordinasi untuk pengajaran terbimbing berorientasi materi dapat digunakan untuk tahap pengujian berikutnya untuk melihat efektivitasnya. Efektivitas pembelajaran dalam uji coba berikutnya akan dilakukan di masa depan.