Inovasi Modul Bilingual dengan Strategi Belajar Mandiri Berbasis Regulasi Saintific

Main Author: Erie Agusta
Format: Journal
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan modul bilingual SRLBS, dan (2) mengetahui perbedaan antara hasil akhir pembelajaran modul bilingual SRLBS dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian terdiri dari (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) mengembangkan bentuk produk awal; (4) pengujian lapangan awal; (5) revisi produk utama; (6) pengujian lapangan utama; (7) revisi produk operasional; (8) pengujian lapangan operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Djemari Mardapi untuk kelayakan produk dan uji-t untuk penentuan hipotesis (uji-t sampel berpasangan & korelasi sampel berpasangan). Hasil yang diperoleh dalam bentuk (1) produk modul SRLBS dwibahasa telah dikategorikan layak menurut penilaian ahli, dan (2) modul (SRLBS) memiliki potensi untuk mempengaruhi siswa dalam bentuk peningkatan kemampuan metakognitif, kemampuan kognitif, dan bahasa asing.