Role Of Pkbm As A World Partner In Improving The Quality Of Human Resources In Marginal Communities In The Millenium Era
Main Author: | Sondari Endang |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Sekretariat LPPM UNINDRA
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model konseptual produk pemberdayaan PKBM Mitra Buruh Nusantara dalam mengelola program pendidikan kesetaraan berbasis kecakapan hidup. Subjek penelitian ini adalah manajer PKBM Mitra Buruh Nusantara, pendidik, dan staf pendidikan yang mengelola program pendidikan kesetaraan berbasis kecakapan hidup di Jakarta Utara, untuk orang-orang yang terpinggirkan, yaitu pekerja dan pemulung. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Narasumber adalah manajer, pendidik, warga negara yang belajar pendidikan kesetaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kesetaraan berbasis kecakapan hidup, yang dikelola oleh PKBM, tidak seperti yang diharapkan sebagai tujuan program. Peluang untuk mengembangkan model pemberdayaan PKBM adalah mengelola pendidikan dengan pendekatan sistem. Merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran melibatkan warga belajar dan pemangku kepentingan dengan pendekatan pembelajaran orang dewasa atau lebih dikenal dengan andragogy dan juga menggunakan pilar pembelajaran, yaitu: belajar untuk mengetahui sesuatu, belajar untuk menghasilkan sesuatu, belajar menjadi sesuatu yang bermakna dan belajar bagaimana mengatur kehidupan di masyarakat