Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)

Main Author: Rita Patonah
Format: Journal
Terbitan: Sekretariat LPPM UNINDRA
Subjects:
Daftar Isi:
  • Hasil belajar adalah bagian terpenting dari pembelajaran. Setiap proses pembelajaran dari keberhasilannya diukur dengan seberapa banyak hasil belajar yang telah dicapai oleh peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Discourse Multy Reprecentacy (DMR) pada pretest dan posttest pengukuran? 2) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah pada pengukuran pretest dan posttest? 3) Apakah ada pengaruh hasil belajar siswa menggunakan metode Discourse Multy Reprecentacy (DMR) dengan metode ceramah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Discourse Multy Reprecentacy (DMR) pada pengukuran pretest dan final (posttest); 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan metode ceramah pada pengukuran pretest dan final (posttest); 3) Pengaruh hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Discourse Multy Reprecentacy (DMR) dengan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen Quasi Experimental Design tipe Desgin Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran multy reprecentacy (DMR); 2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan metode ceramah; 3) Ada pengaruh yang signifikan dari hasil belajar peserta didik menggunakan metode wacana multy reprecentacy (DMR) daripada menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest). Pelajari pengucapannya