Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) TK Al Fath Cirendeu Ciputat
Main Author: | Isnawati |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini diharapkan agar pengelola, pelaksana dan pihak lain yang terkait dengan pendidikan anak usia dini dapat terus mengembangkan manajemen kurikulumnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan memiliki ciri tersendiri ditiap lembaganya sebagai kurikulum unggulannya sehingga hasil dari manajemen kurikulumnya dapat dirasakan oleh peserta didik secara langsung dan juga orangtua dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus di Sekolah Pendidikan anak usia dini TK Al Fath Cirendeu Ciputat Tanggerang Selatan, pengumpulan data ini dilakukan secara observasi (pengamatan), wawancara terstuktur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Al Fath Cireunde yang dilakukan dalam pelaksanaan program kurikulumnya adalah memiliki konsep sekolah dwibahasa yaitu Bahasa Inggris dengan konsep Practical English dengan sistem kombinasi ESL (English as a Second Language) dan EFL (English as a Foreign Languange), dan konsep sekolah berwawasan Islami.Adapun dalam pengembangan kurikulum lainnya pengembangan bahasa pengembangan seni dan pementasan, pengembangan olah raga, pengembangan berenang, pengembangan bidang komputer dan tekhnologi informasi, pendalaman materi keagamaan dan alquran seperti mengenal huruf dan makhorijul huruf hijaiyah beserta hafalan surat dan pemahaman makna arti dan pelaksanaannya dalam aktifitas sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan satu pekan sekali. Adapun pelaksanaan kurikulum tersebut dibimbing oleh guru bidang studi yang sesuai dengan skill nya masing-masing.