Pengaruh Model Pembelajaran Dan Sikap Sosial Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ( Eksperimen Pada Siswa Smp Negeri Kecamatan Ciracas Jakarta Timur )
Main Author: | Wahnil Mardiah |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Fakultas Pascasarjana universitas indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh model pembelajaran dan sikap sosial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2) Pengaruh Sikap Sosial Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 3) Pengaruh Interaktif Model Pembelajaran Siswa dan Sikap Sosial terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dengan jumlah sampel 64 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada subjek lingkaran yang meliputi elemen lingkaran, panjang busur, selama area, dan garis singgung dua lingkaran sebanyak 5 pertanyaan, yang telah diuji homogenitasnya dengan magnitudo Fhitung = 1,006 dan sig 0,465> 0,05. Analisis data menggunakan analisis varian dua jalur / arah (ANAVA). Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibuktikan dengan Fhitung = 19,515 dan sig 0,000 <0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan dari sikap sosial siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang dibuktikan dengan Fhitung = 88,583 dan sig 0,000 <0,05,3) Ada pengaruh interaktif yang signifikan pada model pembelajaran dan sikap sosial siswa terhadap masalah matematika Kemampuan -solving. Ini dibuktikan dengan Fhitung = 13,345 dan sig 0,001 <0,05. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika di tingkat SMP.