Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Kimia Dan Sikap Ilmiah Siswa

Main Author: Sam?un Sam?un
Format: Journal
Terbitan: Fakultas Pascasarjana universitas indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis pengaruh model pembelajaran pada penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah siswa. Hipotesis penelitian dari penelitian ini adalah 1) pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah siswa multivariat. 2) pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep kimia 3) pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental. Populasi adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Bandung tahun 2018 sebanyak 61 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multi-stage sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan konsep deskripsi kimia sebanyak 7 pertanyaan yang telah diuji .; dan kuesioner sikap ilmiah siswa dari 30 item yang telah diuji. Analisis data menggunakan teknik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil pengujian hipotesis adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran terhadap penguasaan konsep ilmiah. (2) Ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran pada penguasaan konsep kimia. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penguasaan konsep kimia dan sikap ilmiah siswa kimia di SMA.