Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Eksperimen Pada Siswa Smp Swasta Di Kota Depok)

Main Author: Rida Farida
Format: Journal
Terbitan: Fakultas Pascasarjana universitas indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis tentang pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil studi Ilmu Pengetahuan Alam. Hipotesis penelitian yang akan diuji meliputi: 1) Mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Alam; 2) Mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPA; 3) Mengetahui pengaruh interaktif dari Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi adalah siswa SMP di kota Depok dengan sampel 84 siswa yang terdiri dari 42 siswa kelas eksperimen dan 42 siswa kelas kontrol, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional sampling. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai pengumpulan data dilakukan dengan memberikan hasil studi dari 40 pertanyaan pilihan ganda Ilmu Pengetahuan Alam. Analisis data menggunakan analisis varians dua arah (ANOVA). Analisis data terdiri dari pengujian instrumen, pemahaman konsep, IPA, uji validitas dan reliabilitas, dan tingkat kesulitan pertanyaan. Selanjutnya, uji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji Normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP swasta di kota Depok, ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 <0,05. dan F = 19,306. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil IPA siswa SMP swasta di kota Depok, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 <0,05. Dan F = 126,338. 3) Ada pengaruh interaksi yang tidak signifikan antara strategi pembelajaran dan minat belajar pada studi sains swasta siswa SMP swasta di kota Depok. Ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,261> 0,05. dan F = 0,611 Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat junior.