Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Dan Kemampuan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Analisis Kimia Peserta Didik (Eksperimen Pada Peserta Didik Sma Negeri Di Kecamatan Cilodong Kota Depok)
Main Author: | Lilik Saputra |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Fakultas Pascasarjana universitas indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi dan kemampuan berorganisasi terhadap kemampuan analisis kimia peserta didik SMA Negeri se-kecamatan Cilodong Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 101 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan analisis siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 23,792. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berorganisasi terhadap kemampuan analisis siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 66,696. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran dan jenis kemampuan berorganisasi terhadap kemampuan analisis siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 14,582. Penelitian ini mengandung implikasi, bahwa besar kecilnya pengaruh model pembelajaran multiliterasi dan kemampuan berorganisasi dapat meningkatkan kemampuan analisis kimia peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, Kemampuan Berorganisasi, Kemampuan Analisis Kimia