Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kemandirian Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Biologi (Studi Kasus Siswa Smp Negeri 1 Kota Tangerang)
Main Author: | Ani Syaharani |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Fakultas Pascasarjana universitas indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan eksperimen dengan tingkat ancaman, dan uji hipotesis yang digunakan adalah Two Way ANOVA. Eksperimen dilakukan dalam dua kelompok / sampel berbeda yang diobati (pengobatan). Kelompok pertama diajarkan oleh model pembelajaran Kooperatif STAD, dan kelompok kedua oleh model pembelajaran kooperatif konvensional. Setiap kelompok dibagi menjadi dua kategori berdasarkan tingkat kemandirian belajar (tinggi dan rendah). Penelitian ini menghasilkan hasil sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap penguasaan konsep biologi siswa SMP Negeri di Kota Tangerang; (2) Ada pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS IPS SMP Negeri di Kota Tangerang, dan (3) Terdapat model pembelajaran kooperatif dan kemandirian belajar interaktif yang signifikan terhadap penguasaan konsep biologi siswa pada materi pembelajaran IPS. Siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Model pengaruh interaktif adalah sebagai berikut: a) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap penguasaan konsep biologi siswa dengan kemandirian belajar tinggi, b) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep biologi siswa dengan kemandirian belajar rendah. , c) Ada pengaruh signifikan kemandirian belajar konsep biologis pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual, dan d) Tidak ada pengaruh kemandirian belajar pada penguasaan konsep biologis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.