Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Hardware Komputer Berbasis Teknologi Augmented Reality dengan Menggunakan Android
Main Author: | Andri Wahyu Saputra |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Pusat Penelitian Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam LPPM Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Dalam mempelajari dan memvisualisasikan perangkat komputer pelajar maupun mahasiswa cenderung mengalami kesulitan ketika ingin mempelajari dan menghafal unit unit komputer. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran tentang hardware komputer dengan memanfaatkan perkembangan teknologi smartphone berbasis android menggunakan teknologi augmented reality. Metode pengembangan yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah metode waterfall. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa C# dan software game engine unity 3D. Aplikasi ini menerapkan vuforia sebagai SDK untuk menciptakan augmented reality yang berjalan pada OS android dan menggunakan virtual button yang terletak pada marker. Aplikasi ini memberikan informasi dan menampilkan objek 3D tentang hardware komputer, khusus untuk unit pemprosesan yaitu proccessor, motherboard, ram, hardisk dan vga. Subjek penelitian yang dipilih adalah pelajar dan mahasiswa yang telah mempelajari komponen hardware komputer. Hal ini ditentukan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapai pelajar maupun mahasiswa dalam mempelajari materi hardware komputer