DIRÂSAH TAHLÎLIYYAH TAQWÎMIYYAH ?AN AL-MUFRADÂT FÎ KITÂB MANÂN AL-AZÎZ = kosakata dalam buku ajar bahasa Arab Mananal-Aziz

Main Author: Wahyudi
Format: Journal
Terbitan: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Isi:
  • Permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah bagaimana kosakata dalam buku ajar bahasa Arab Mananal-Aziz relevan digunakan untuk tingkat menengah atasdi Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasikosakata dalam buku Manan al-Aziz dalam hal jumlah, jenis, kedudukan, dan metode pengunaannya;(2) untuk mengidentifikasikelebihan dan kekurangan di dalam bukuManan al-Aziz. Penelitian inimerupakan jenis penelitian perpustakaandengan metode analisis evaluasi.Sumber data yang terkaitdenganpenelitianiniadalahbukupengajaranbahasa Arab yang digunakanuntukkelas 10, 11,dan 12 di sekolahmenengah di Indonesia, yang ditulisolehManan al-Aziz (2009). Hasilpenelitianiniadalah: kosakatabarudalambukuManan al-Aziz setelahdikurangi pengulangan(53 kata) berarti 693 kosakata. Jumlah kosakata yang harus diajarkan kepada peserta didik program bahasa Arab untuk penutur bahasa lain menunjukkan kata-kata 1500/2000 untuk tingkat mahir. Dimulai dengan sejumlahkata di kelas sebelas sebanyak 302 kosakata, kemudian di kelas dua belas sebanyak 242 kosakata.