Penerapan Model Pogil (Process-Oriented Guided-Inquiry Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi
Main Author: | Hanna Aulia |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Center for Science Education UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model POGIL dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes esai sebanyak 12 soal dengan indikator pemahaman konsep meliputi kemampuan memahami, mengaplikasikan, dan menganslisis. Dalam penelitian ini, diperoleh skor pretest kelas kontrol sebanyak 25,48 dan kelas eksperimen 25,22. Selanjutnya diperoleh skor posttest kelas kontrol sebanyak 62,57 dan kelas eksperimen sebanyak 77,02. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf kepercayaan α (0,05) diperoleh hasil uji-t data posttest didapat bahwa nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan thitung< ttabel (6,521 > 2,045) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model POGIL terhadap pemahaman konsep siswa pada materi laju reaksi.