The use of content-based summarizing technique in improving students' reading skills of madrasah

Main Author: Zana Chobita Aratusa
Format: Journal
Terbitan: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Sejumlah penelitian sebelumnya menemukan bahwa teknik merangkum dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk memahami teks bacaan, namun penelitian tersebut tidak membahas jenis pengajaran yang meringkas dan bagaimana menerapkannya, khususnya dalam konteks sekolah Islam seperti madrasah yang para siswanya sering mempelajari berbagai teks bacaan. Dengan menggunakan metode eksperimen, penelitian ini menerapkan Content-Based Summarizing Technique (CBST) dalam pembelajaran keterampilan membaca dalam bahasa Inggris pada dua Madrasah Aliyah Negeri di Palu, Sulawesi Tengah. Setelah 12 minggu mengajar, penelitian ini menemukan bahwa siswa yang diajar dengan CBST mampu meningkatkan kemampuan membaca mereka secara signifikan dalam memahami teks bacaan dalam bahasa Inggris. Sementara itu, kemampuan membaca siswa yang tidak diajarkan dengan -CBST tetap tidak meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan CBST dalam pengajaran membaca bahasa Inggris dapat digunakan sebagai teknik alternatif baru dalam pengajaran bahasa Inggris. Keterbatasan penelitian ini adalah lamanya penerapan CBST mungkin tidak cukup dan sampelnya kecil. Penelitian selanjutnya perlu melibatkan lebih banyak sampel dan periode penerapan CBST perlu lebih lama.