Moral Values in Narrative Texts of English Textbooks for Senior High School Students Published by the Ministry of Education and Culture
| Main Author: | Iwan Setiawan |
|---|---|
| Format: | Journal |
| Terbitan: |
FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
| Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai moral dalam teks naratif buku teks bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Atas yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga tanggapan guru dan siswa bahasa Inggris di SMK Triguna Utama, Kota Tangerang Selatan, terkait dengan topik yang diselidiki. Penelitian ini menggunakan desain analisis isi. Sumber datanya adalah teks naratif dalam buku teks bahasa Inggris dan tanggapan guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara dan angket. Sedangkan, prosedur analisis data meliputi pembacaan teks secara cermat, pemilahan data, penyandian, tabulasi, interpretasi, penarikan simpulan dan validasi. Penelitian ini menemukan bahwa buku teks bahasa Inggris tersebut masih kekurangan fabel dan cerita lokal Indonesia. Selain itu, teks naratif didominasi oleh nilai kebaikan, sementara nilai keadilan kurang tergambarkan dalam cerita. Temuan ini didukung oleh pandangan dan preferensi para guru dan siswa. Terakhir, para guru dan siswa secara sepakat berpendapat bahwa kosa kata merupakan penghalang terbesar dalam pengajaran dan pembelajaran teks naratif, dan efektivitas atmosfer sekolah dalam menanamkan nilai moral masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
