Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap pemahaman konsep mitigasi bencana pada mata pelajaran IPS siswa kelas V (Penelitian Kuasi Eksperimen di SD Islam Al-Hasanah Ciledug, Tangerang)

Main Author: Yulia Kurnia Dewi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat pengaruh positif penerapan model problem based learning terhadap pemahaman konsep mitigasi bencana pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Islam Al-Hasanah Ciledug. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda, serta instrumen nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model problem based learning terhadap pemahaman konsep mitigasi bencana siswa kelas V di SD Islam Al-Hasanah dalam bentuk peningkatan rata-rata nilai kelas yang signifikan. Hal ini didasarkan pada hasil uji hipotesis yakni pemerolehan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,039. Sehingga, Ho ditolak atau H&#8321; diterima, karena nilai Sig. t-test (2-tailed) yakni 0,039 < 0,05. Hal tersebut juga didukung oleh hasil telaah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi yang menunjukkan respon positif dari subjek penelitian.