Pengaruh metode permainan bahasa bisik berantai terhadap keterampilan menyimak pantun (quasi eksperimen pada Kelas IV SDN Bekasi Jaya II)
Main Author: | Amalia Fauziah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode permainan bahasa bisik berantai terhadap keterampilan menyimak pantun siswa kelas IV SDN Bekasi Jaya II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Bekasi Jaya II. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 25 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode permainan bahasa bisik berantai, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa metode permainan bahasa bisik berantai. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes menyimak pantun. Berdasarkan hasil uji-t pada data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 0,05%, thitung (5,774) >ttabel (1,991), dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan dalam keterampilan menyimak pantun antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Artinya, terdapat pengaruh metode permainan bahasa bisik berantai terhadap keterampilan menyimak pantun siswa.