Upaya meningkatkan hasil belajar baca tulis al-qur?an (btq) pada mata pelajaran pendidikan agama islam & budi pekerti melalui metode peer lesson di kelas IV SDN Harapan Baru II, Kota Bekasi

Main Author: Sulaiman Rasyid
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Baca Tulis alQur?an (BTQ) siswa kelas IV SD melalui metode Peer Lesson. Pelaksaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Harapan Baru II, Kota Bekasi pada semester 1 tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini berjumlah 41 siswa. Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang muncul dalam kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang-ulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada peningkatan hasil belajar Baca Tulis al-Qur?an siswa di kelas IV semester 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi Baca Tullis al-Qur?an siswa dengan menggunakan metode Peer Lesson. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui hasil tes setiap siklus yang telah dilaksanakan. Pada tes awal pada pra siklus, hasil belajar yang diperoleh adalah 60,46 (kategori kurang). Pada siklus I atau pertemuan pertama sedikit mengalami peningkatan dengan prosentase 4.41% yaitu 64,87 (kategori cukup), Sedangkan siklus II adanya peningkatan yang signifikan dengan prosentase 12.32 % dengan skor 77.19 (kategori baik) dibandingakan dengan siklus I. Maka dapat dideskripsikan bahwa metode Peer Lesson dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis al-Qur?an pada kelas IV SDN Harapan Baru II Kota Bekasi.