Pengaruh Penggunaan Media CD Interaktif dan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Author: Khusnul Khotimah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata rata hasil belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan media CD Interaktif dengan yang diajar menggunakan media Power Point. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Post Test Only. Penelitian dilaksanakan di MI Al-Khoiriyah Pondok Pinang Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang diujikan berupa tes essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji ?t?. Namun sebelum digunakan uji ?t?, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji chi square untuk menguji normalitas, uji Fisher untuk menguji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata-rata hasil tes belajar matematika siswa yang menggunakan media CD Interaktif dengan rata-rata hasil tes belajar matematika siswa yang menggunakan media Power Point.