Peningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Tadzibun Nufus Jakarta Barat

Main Author: Akmal Nurullah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-12/88614-AKMAL NURULLAH-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode sosiodrama di MA Tahdzibun Nufus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda, serta instrumen non tes berupa lembar wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah kelas X MA Tahdzibun Nufus yang berjumlah 30 peserta didik. Adapun indikator keberhasilan yang dicapai KKM adalah ≥ 75. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 52 pada saat pretest meningkat menjadi 64 pada saat posttest. Setelah dilakukan perbaikan pada proses belajar siklus II nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 68 pada saat pretest meningkat menjadi 85 pada saat posttest.