The Effectiveness of Using Cooperative Learning on Teaching Comparison Degree of Adjectives at Second Grade Students of SMPIT Al-Qur?aniyyah Pondok Aren Tangerang Selatan

Main Author: Rizka Patrika Rizal
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-11/88281-RIZKA PATRIKA RIZAL-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Grammar adalah salah satu bagian dari komponen Bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat empat keterampilan .Tanpa memahami grammar dengan baik, siswa tidak dapat menguasai keempat keterampilan tersebut; mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Grammar menjelaskan bagaimana kata-kata bergabung membentuk kalimat dan grammar merupakan bagian terpenting dalam bahasa. Banyak siswa yang memiliki kesulitan dalam mempelajari grammar dan merekatidak dapat menguasai keempat keterampilan berbahasa.Satu diantaranya adalah dalam mempelajari part of speech khususnya dalam memahami adjectives atau kata sifat, khsusnya dalam mempelajari comparison degree of adjectives. Sebagai aktifitas pembelajaran berbasis kelompok, tujuan dari pembelajaran kooperatif adalah untuk mendorong dan memotivasi siswa untuk belajar bersama dalam kelompok.Terdapat beberapa teknik dalam pembelajaran kooperatif.Satu diantaranya adalah STAD (Student Teams Achievement Divisions).STAD mendorong siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui belajar secara kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data empiris apakah pembelajaran kooperatif efektif terhadap kemampuan siswa dalam menguasai comparison degree of adjectives pada siswa kelas dua di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Qur?aniyyah, Pondok Aren, Tangerang Selatan.Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang melibatkan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol.Pengajaran dalam eksperimen kelas diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif, yaitu menggunakan teknik STAD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanpre-test dan pos-test. Pre-test diberikan sebelum penulis mengimplementasikan pembelajaran kooperatif, sedangkan post-test diberikan setelah perlakuan diimplementasikan.Penulis menggunakan T-test dalam menganalisa data dan membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penulis menemukan bahwa pada tingkat signifikan 5% yang memiliki 2.002 sedangkan 4.914 atau > . Oleh karena itu, (Null Hypothesis) ditolak dan (Alternative Hypothesis) diterima. Hal itu berarti penggunaan pembeljaran kooperatif efektif dalam pengajaran comparison degree of adjectives .