The Effectiveness of Using Jigsaw Technique Towards Students? Reading Comprehension of Narrative Text: A Quasi-experimental Study at the Second Grade of SMPN 2 Tarumajaya, Bekasi

Main Author: Zakiyah Tul Fahiroh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-11/88258-ZAKIYAH TUL FAHIROH-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penggunaan teknik Jigsaw terhadap pemahaman membaca teks naratif di kelas delapan SMPN 2 Tarumajaya, Bekasi dan juga untuk membantu guru bahasa Inggris dalam menciptakan kegiatan-kegiatan yang interaktif dalam mempelajari pemahaman membaca teks naratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu. Siswa di bagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen di ajarkan dengan menggunakan teknik Jigsaw, sedangkan kelas kontrol di ajarkan tanpa menggunakan teknik Jigsaw. Kemudian penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah berikut: pemberian pre-test, pelaksanaan tindakan penelitian, dan pemberian post-test. Data dikumpulkan melalui serangkaian tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam mempelajari pemahaman membaca teks naratif dengan menggunakan teknik Jigsaw dan tanpa menggunakan teknik Jigsaw. Berdasarkan hasil perhitungan statistik,dapat di ketahui bahwa nilai ratarata dari nilai perolehan pada kelas eksperimen adalah 15.2, dan nilai rata-rata dari nilai perolehan pada kelas kontrol adalah 8.7. Di samping itu, analisis data menunjukkan bahwa t-hitung (t0) adalah sebesar 14.8 dan t-tabel (tt) pada tarif signifikan 5% adalah sebesar 1.665. Sehingga, itu berarti bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Jadi, hipotesis alternatif (Ha) di terima dan nul hipotesis (HO) di tolak. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik Jigsaw efektik terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks naratif