The Effectiveness of Picture Sequences towards Students? Writing Skill of Narrative Text: A Quasi-experimental Study at the Eighth Grade of MTs Negeri Tangerang II Pamulang

Main Author: Rinda Nuraini
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-11/88257-RINDA NURAINI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan bukti empiris tentang keefektifan pengajaran menulis teks Narrative dengan menggunakan Rangkaian Gambar pada siswa kelas delapan MTsN Tangerang II Pamulang tahun akademik 2015/2016. Dalam pelaksanaan Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian experimental sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan MTsN Tangerang II Pamulang. Dalam pemilihan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dan kelas VIII 4 dan VIII 5 MTsN Tangerang II Pamulang dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes (pre-test dan post-test) pada siswa. Peneliti menggunakan t-test untuk menganalisis perbedaan skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan bahwa to > tt = 5.91 > 1.7 pada taraf sifnifikan 5% dan to> tt = = 5.91 > 2.4 pada taraf signifikan 1%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata ? rata dari hasil pengajaran menulis teks Narrative di kelas eksperimen dan kelas control. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa pengajaran menulis teks Narrative menggunakan Rangkain Gambar efektf untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis