Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Laju Reaksi: Kuasi Eksperimen di kelas XI SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan
Main Author: | Amah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-10/87891-AMAH-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh Model Pembelajaran Berbasis masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran masalah hendaknya memperhatikan pengaturan waktu untuk mendapatkan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang lebih signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis