Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Generik Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa

Main Author: Faiza El Jannati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-10/87879-FAIZA EL JANNATI-PDF.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan generik sains terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 60 Jakarta Selatan pada kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan X-3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design the nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel random sampling. Instrument yang digunakan berupa tes objektif pilhan ganda sebanyak 30 butir soal. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis data dengan menggunakan uji-t, pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (1.87) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (1.66) sehingga hipotesis nol (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan generik sains berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria.