The Effectiveness of Reciprocal Technique towards Students? Reading Comprehension on Report Text? :A Quasi- Experimental Study of Eleventh Grade Students of SMAN 3 South Tangerang in the Academic Year 2014/2015
Main Author: | Lulu Walidaini |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-10/87859-LULU WALIDAINI-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris keefektifan penggunaan teknik reciprocal pada kemampuan membaca siswa terhadap teks report pada siswa kelas XI SMAN 3 Tangerang Selatan tahun akademik 2014/2015. Teknik reciprocal mencakup empat strategi yaitu, memprediksi teks bacaan, membuat pertanyaan, mengklarifikasi dan menyimpulkan. Metode yang digunakan oleh penulis disini adalah metode eksperimen semu dimana menggunakan dua kelas yang didisain sebagai kelas percobaan atau eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut mendapat perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen menggunakan teknik reciprocal dan kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan teknik reciprocal tersebut. Populasi siswa kelas XI di SMA N 3 Tangerang Selatan terdiri dari 259 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 58 siswa (29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol). Teknik pengambilan sample yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pada teknik pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan melalui langkah-langkah berikut: pemberian pre-test, pemberian treatment, dan post-test. Bentuk tes yang diberikan berupa pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal dan kuisioner atau angket untuk kelas eksperimen. Kemudian teknik analisis data menggunakan statistik dan rumus penghitungan t-test. Hasil yang didapat dalam penelitian ini membuktikan bahwa ada perbedaan nilai antara hasil belajar siswa dalam memahami teks report menggunakan reciprocal teknik dan siswa yang tidak menggunakan reciprocal teknik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dapat diketahui bahwa nilai tobservasi sebesar 4,287, sedangkan ttable untuk derajat kebebasan 56 pada signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,673. Dengan demikian to>ttable, maka Halternative diterima atau dapat dikatakan teknik reciprocal efektif. Selain itu angket yang diberikan pada siswa untuk mengetahui respon mereka terhadap teknik reciprocal pun menunjukan respon yang positif. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik reciprocal dapat dengan efektif digunakan untuk mengajarkan pemahaman membaca teks report terhadap siswa kelas XI SMA N 3 Tangerang Selatan.