Penggunaan Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Persamaan Garis Lurus
Main Author: | Irma Yunita |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas VIIIdi SMP Sa?id Yusuf Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus meliputi tahap persiapan, observasi, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi, dan refleksi.Tempat penelitian di kelas VIII, SMP Sa?id Yusuf Depok.Obyek penelitian ini berupa meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada pokok bahasan persamaan garis lurus.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika kelas VIII di SMP Sa?id Yusuf Depok. Hasil penelitian ditandai dengan dengan peningkatan hasil observasi maupun isian angket yaitu hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 72,5% "baik" pada siklus I menjadi 75,8% "sangat baik" pada siklus II, hasil observasi minat belajar siswa meningkat dari 46.6% "cukup baik" pada siklus I menjadi 64,16% "baik" pada siklus II, dan hasil isian angket minat belajar siswa meningkat dari 64,3% ?cukup berminat" sebelum tindakan menjadi 79% "berminat" pada akhir tindakan