?Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan
Main Author: | Nur Indah Cahyani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/87095-NUR INDAH CAHYANI-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan model konvensional, serta menganalisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah VIII-4 dan VIII-6 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditentukan melalui teknik purposive sampling kemudian Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), dan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis matematik berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik persamaan garis lurus yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) adalah 64,15 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model konvensional sebesar 37,96 (thitung > ttabel = 11,70 > 1,663). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa