Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di MI Talim Mubtadi I Cipondoh Tangerang

Main Author: Siti Nurhayati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam proses pembelajaran PKn serta mengetahui Penerapan pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan langkah-langkah yang sama untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui Kooperatif Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ta?lim Mubtadi I Cipondoh Tangerang dengan mengambil dari kelas IV, agar permasalahan-permasalahan yang ada di kelas dapat teratasi maka guru melakukan tindakan agar lebih tahu perkembangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV melalui kooperatif Jigsaw mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus I persentasi total rata-rata pada pretest post test yaitu 0,38% , dan pada siklus II sebesar 0,58%. Selain dari hasil pre-Test dan Post-Test, penulis juga menyebarkan lembar observasi, hasil lembar observasi pada siklus I yaitu 23,5%, dan pada siklus II 65,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar PKn adalah baik